Jenis-Jenis Forum Ilmiah Sebagai Media Publikasi Karya
Buku Tamu,  Chatting,  Download,  Forum Ilmiah,  jenis forum ilmiah,  keterangan tentang workshop pendidikan,  pengertian dan manfaat presentasi ilmiah,  pengertian seminar karya,  pengertian simposium nasional,  Tasjilat

Jenis-Jenis Forum Ilmiah Sebagai Media Publikasi Karya

Jenis-jenis forum ilmiah menjadi hal yang ditanyakan dan mengundang banyak penasaran orang. Mengingat forum ilmiah adalah sebuah agenda penting yang melibatkan banyak masyarakat untuk membahas sebuah masalah secara ilmiah. Agenda ini dilakukan menggunakan cara diskusi, persentasi, atau dengan saling berargumentasi.

Tujuan diselenggarakannya forum ilmiah adalah untuk menjelaskan data serta teori sebagai solusi nyata bagi sebuah permasalahan yang tengah dibahas. Tak heran jenisnya beragam sesuai dengan masalah apa yang hendak dituntaskan. Berikut adalah jenis forum ilmiah yang bisa digunakan untuk publikasi karya Anda.

Jenis-Jenis Forum Ilmiah Sebagai Media Publikasi Karya
Jenis-Jenis Forum Ilmiah Sebagai Media Publikasi Karya

Jenis Diskusi Panel

Jenis-jenis forum ilmiah yang pertama adalah diskusi panel. Diskusi ini diikuti oleh peserta yang banyak dengan satu atau lebih pembicara. Untuk menjalankan dan memandu acara disediakan moderator. Biasanya, diskusi panel dijalankan dengan menyediakan sebuah ruangan yang menampung banyak orang dan disusun sedemikian rupa.

Tujuan penyelenggaraan diskusi panel adalah memberikan penjelasan serta pemahaman terkait penyelesaian sebuah masalah dengan efektif. Sehingga diperlukan moderator untuk memandu jalannya diskusi dan pembicara yang siap memberikan solusi. Menariknya, diskusi ini adalah komunikasi dua arah yang melibatkan peserta untuk turut berpartisipasi.

Jenis-Jenis Forum Ilmiah Sebagai Media Publikasi Karya
Jenis-Jenis Forum Ilmiah Sebagai Media Publikasi Karya

Seminar untuk Berdiskusi dan Menemukan Penyelesaian

Jenis-jenis forum ilmiah lainnya adalah seminar. Seminar kerap kali diartikan sebagai pertemuan antara mahasiswa dan dosen untuk menyajikan hasil penelitian. Biasanya yang dibahas adalah topik dalam garis besar sebagai penjelasannya. Namun, di dalam seminar umum terdapat para ahli yang menjadi pembicara atau narasumber.

Pelaksanaan seminar ini tak hanya dilakukan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan hasil berupa kesimpulan saja. Namun, juga biasanya kesimpulan akan dikembangan menjadi opini atau pendapat yang bisa disebarluaskan. Tak heran jumlah peserta sebuah seminar sangat banyak untuk melakukan diskusi hangat terkait isu yang diangkat.

Symposium dengan Jumlah Peserta Lebih Banyak

Jenis-jenis forum ilmiah selanjutnya adalah symposium. Sebenarnya symposium hampir sama dengan seminar namun, jumlah pesertanya lebih banyak dari seminar biasa. Dalam symposium akan dihadirkan beberapa ahli sekaligus, anggota peserta, moderator, notulen, dan panelis yang jumlahnya mencapai ratusan. Sehingga peserta akan mendapatkan banyak ilmu sekaligus dalam waktu singkat.

Symposium akan dibuka dengan pidato pembukaan baru diikuti dengan pembacaan materi oleh ahli. Melalui materi tersebutlah peserta akan semakin menambah wawasannya dan diberikan kesempatan tanya jawab untuk memperdalam pemahamannya. Setelah itu, para ahli akan memberikan jawaban serta kesimpulan acara symposium kepada masyarakat umum.

Workshop yang Dihadiri Peserta dengan Jumlah Terbatas

Jenis-jenis forum ilmiah selanjutnya adalah workshop. Workshop diikuti oleh peserta yang memiliki bidang keahlian atau pekerjaan sesuai dengan tema workshop. Tak lupa dalam acara juga disediakan ahli yang siap membuka serta membahas permasalahan yang diangkat. Tak seperti seminar dan symposium, workshop biasanya dihadiri oleh peserta dalam jumlah terbatas.

Semiloka, Seminar dan Lokakarya

Kata semiloka mungkin jarang terdengar di telinga Anda. Semiloka adalah gabungan dua buah acara sekaligus, yaitu seminar dan lokakarya. Permasalahan yang diangkat juga lebih dari satu macam. Acara ini juga mendatangkan para ahli lebih dari satu bidang yang bersama-sama dengan peserta untuk menemukan kesimpulan dari sebuah permasalahan.

Konferensi dengan Para Pakar atau Ahli

Jenis forum ilmiah lainnya adalah konferensi. Konferensi sendiri adalah pertemuan besar dengan jumlah peserta yang banyak. Seperti halnya jenis forum ilmiah lain, konferensi juga dilaksanakan dengan mengundang ahli atau pakar yang siap memaparkan solusi permasalahan serta menarik kesimpulan di akhir acara.

Jenis forum ilmiah sangatlah beragam karena masih terdapat berbagai jenis lain seperti bedah buku, whole group, hingga santiaji yang jarang dilakukan. Pemilihan jenis ini didasarkan pada kebutuhan sebuah permasalahan apakah cukup dengan peserta sedikit atau harus mengundang banyak orang untuk menentukan jenis-jenis forum ilmiah yang cocok dilakukan.