Jenis-Jenis Forum Ilmiah

Jenis-Jenis Forum Ilmiah dan Penjelasannya

Forum ilmiah merupakan wahana untuk melakukan presentasi maupun diskusi ilmiah. Forum ilmiah sendiri terdiri dari berbagai jenis, berdasarkan model pelaksanaan dan forumnya, di samping itu juga ditinjau berdasarkan cakupan pesertanya yakni peserta menurut Kalangan luas atau terbatas. Presentasi makalah bisa dilakukan dalam forum ilmiah pada kalangan luas juga terbatas. Untuk kalangan terbatas, biasanya guru berperan sebagai presenter dalam forum MGMP sekolah dengan dihadiri oleh Pengawas, Kepala Sekolah, Guru lainnya.

Jenis-Jenis Forum Ilmiah

Aktivitas forum ilmiah sendiri bisa menjadi latihan bagi guru supaya mengasah keterampilan dalam mempresentasikan makalah. Sebaiknya forum ilmiah ini menjadi agenda sekolah secara rutin agar guru berada di sekolah tersebut bisa saling berbagi pengalaman serta pengetahuan kepada sesama guru mata pelajaran lainnya. Kepada kalangan luas, forum ilmiah biasanya diikuti berbagai profesi, tak hanya oleh kepala sekolah, guru, pengawas saja, tetapi juga oleh dosen, maupun praktisi Pendidikan lainnya, baik itu instruktur maupun pemerhati dunia Pendidikan lainnya.
Dengan semakin beragamnya para peserta ikut ke dalam forum ilmiah maka semakin kaya pula isi diskusinya. Adapun beberapa macam serta jenis forum ilmiah, diantaranya sebagai berikut :

1. Simposium

Simposium merupakan serangkaian pidato singkat didepan pengunjung yang memiliki seorang pemimpin. Biasanya symposium ini menampilkan beberapa pembicara dan umumnya mereka ikut mengemukakan pandangan-pandangannya sesuai topikĀ http://128.199.249.99 yang dibahas dengan gagasan berbeda. Bisa juga suatu topik permasalahan dibagi ke dalam beberapa aspek. Selanjutnya tiap-tiap aspek disoroti secara khusus serta tersendiri, tanpa memerlukan berbagai sudut pandang.

Simposium
Simposium

Adapun pembicara pada simposium ini terdiri atas pihak penyanggah serta pembicara dibawah pimpinan moderator. Pendengar dalam symposium akan diberi kesempatan mengajukan pendapat atau pertanyaan sesudah penyanggah juga pembahas utama selesai berbicara. Sementara moderator hanya bertugas mengkoordinasikan proses jalannya pembicaraan serta meneruskan berbagai pertanyaan, pandangan umum sanggahan berasal dari peserta.

Sementara, hasil symposium sendiri bisa disebarluaskan, khususnya dari penyanggah da pembahas utama, sedangkan untuk pandangan-pandangan secara umum biasanya hanya dianggap perlu. Simposium bisa digunakan dalam mengemukakan pandangan-pandangan berbeda terhadap topik tertentu, jika kelompok memerlukan keterampilan ringkas, jika ada pihak pembicara telah memenuhi syarat,dan jika jumlah pesertanya besar.

2. Seminar

Seminar adalah pembahasan masalah ilmiah, meskipun topik biasanya dibahas adalah persoalan atau masalah terjadi sehari-hari. Tujuan membahas masalah ialah supaya mencari solusi pemecahan, maka dari itu seminar harus selalu diakhiri oleh keputusan-keputusan kesimpulan sebagai hasil dari pendapat bersama, dan terkadang diikuti rekomendasi atau resolusi. Pembahasan yang terdapat pada seminar umumnya berasal dari kertas kerja makalah yang sudah disusun oleh beberapa pembicara sebelumnya sesuai ide-ide bahasan telah diminta oleh panitia penyelenggara.

seminar
seminar

3. Workshop atau Lokakarya

Lokakarya adalah pertemuan ilmiah dan biasanya membahas sebuah karya. Umumnya lokakarya diawali oleh presentasi mengenai sebuah karya atau bagaimana cara menghasilkan karya oleh pihak pemakalah, kemudian dilanjutkan dengan aktivitas untuk menghasilkan karya. Adapun tujuan dari lokakarya ini ialah agar menghasilkan produk atau hasil karya, seperti model pembelajaran, proposal penelitian, dan lain sebagainya.

4. Diskusi

Kata diskusi sendiri berasal dari istilah dalam bahasa Latin, yakni discusum atau discutio yang artinya bertukar pikiran. Sementara dalam bahasa Inggris sendiri, kita kenal istilah discussion artinya pembicaraan atau perundingan. Sementara berdasarkan istilah, arti diskusi ialah bertukar pikiran mengenai suatu masalah, agar memahami, menemukan faktor penyebab terjadinya masalah, serta menemukan jalan keluarnya. Biasanya diskusi bisa dilakukan oleh ratusan, puluhan, ataupun 2-3 orang saja.

diskusi
diskusi

Dengan kata lain, diskusi ialah proses tukar menukar pendapat, informasi, maupun pengalaman dengan teratur dan bertujuan untuk memperoleh pengertian lebih detail, lebih teliti mengenai sesuatu ataupun merampungkan dan mempersiapkan kesimpulan.

5. Rapat

Rapat adalah sebuah bentuk sarana komunikasi secara kelompok dan resmi sifatnya langsung tatap muka, dan biasanya diselenggarakan oleh berbagai organisasi, baik organisasi kepemerintahan maupun swasta.

6. Konferensi

Konferensi adalah pertemuan atau rapat untuk bertukar pendapat atau berunding tentang suatu masalah untuk dihadapi bersama. Rapat atau konferensi bisnis biasanya pertemuan membahas persoalan bisnis. Sedangkan konferensi pers, ialah sebuah pengumuman untuk pers dengan diikuti sesi tanya jawab mengenai hal-hal tertentu ada di dalam pengumuman.

Apa Fungsi Seminar dan Bagaimana Susunan Acaranya?
Buku Tamu Chatting Forum Ilmiah Tasjilat

Apa Fungsi Seminar dan Bagaimana Susunan Acaranya?

Seminar ialah pertemuan membahas suatu permasalahan dan biasanya dilaksanakan secara ilmiah. Dalam seminar umumnya menampilkan satu sampai beberapa pembicara yang disertai kertas kerja atau makalah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pembahasan dalam seminar umumnya berpangkal pada kertas kerja atau makalah yang telah disusun oleh pihak pembicara sebelumnya. Sedangkan tema pembahasannya sendiri harus sesuai permintaan pihak panitia penyelenggara.

Fungsi Seminar
Fungsi Seminar

Komponen-Komponen Pada Seminar

Dalam seminar biasanya ada moderator berperan untuk memandu acara dan moderator biasanya akan mencatat inti-inti pembicaraan tentang permasalahan sedang dibahas. Selain itu, seminar akan dimulai dengan pembahasan tentang pandangan umum masalah dibacakan pihak moderator, sehingga tujuan seminar pun bisa lebih terarah. Adapun pembahasan masalah dalam seminar biasanya memerlukan waktu cukup lama karena lebih bersifat ilmiah.

Dengan demikian pihak pembicara harus bisa mengendalikan waktu. Maka dari itu, sebaiknya hindari menjelaskan sesuatu sifatnya tak terlalu penting. Kemudian sesudah pembicara menjelaskan tentang masalah, biasanya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dipandu moderator seminar. Sesudah semua pertanyaan dijawab, pihak moderator akan langsung menyimpulkan masalah dibahas serta menutup acara seminar dengan memecahkan persoalan yang dibahas.

Fungsi Seminar
Fungsi Seminar

Biasanya seminar dilakukan bukan untuk menentukan keputusan terhadap permasalahan yang dibahas. Tetapi diadakannya seminar ialah untuk membahas permasalahan secara menyeluruh sekaligus untuk memecahkan solusi terhadap permasalahan tersebut.

Apa Saja yang Terlibat Dalam Forum Ilmiah Seminar?

Seminar adalah sejenis diskusi bertujuan untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang ada dengan cara ilmiah. Biasanya seminar diselenggarakan oleh kalangan akademis, bisa itu berupa Lembaga akademis maupun ditawarkan oleh organisasi bersifat profesional maupun komersial. Ada beberapa orang biasanya terlibat dalam acara seminar, diantaranya pihak moderator, penyaji, pimpinan, key speaker, tim perumus, pembawa acara dan peserta/anggota.

Susunan Acara Seminar

Jika ingin menyelenggarakan acara seminar kelas, maka hal yang harus dilakukan pertama kali ialah menyusun organisasi pelaksanaanya. Biasanya seseorang akan diberikan tugas melakukan pembahasan kertas kerja atau makalah secara khusus telah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian seseorang diberikan tugas menjadi moderator, sementara yang lainnya menjadi narasumber dan ada pula bertugas sebagai notulis untuk kemudian bertugas menyusun laporan.

Fungsi Seminar
Fungsi Seminar

Sementara susunan acara dalam seminar biasanya sering dibuat ialah, meliputi : laporan ketua, penyajian ketua, pembahasan oleh pihak pembicara, tanya jawab atau diskusi, kesimpulan, dan penutupan. Dikarenakan seminar termasuk salah satu jenis atau bentuk dari diskusi, karena itu laporan seminarnya pun berbentuk hasil diskusi. Sehingga laporan seminar umumnya harus berisi tentang hal-hal tertentu dianggap penting.

Lalu, Apa Saja Fungsi Seminar?

Adapun salah satu tujuan seminar ialah untuk menyampaikan sebuah gagasan atau hal yang baru pada peserta seminar, kemudian berharap jika para peserta bisa mendapatkan ilmu sehingga bisa dikembangkan kembali untuk menyelesaikan suatu masalah di kemudian hari.